Dengan Pola Makan Benar, Gula Darah Pun Lancar

Gula darah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki tubuh kita. akan tetapi, semua pasti setuju jika sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak yang tidak baik. hal yang sama pun berlaku untuk kadar gula darah dalam tubuh. Jika anda memiliki kadar gula yang terlampau tinggi, maka resiko diabetes pun bisa datang menghantui anda. Bahkan, penelitian mengemukakan jika Indonesia berada pada peringkat ke empat penderita diabetes setelah China, India, dan Amerika Serikat. Salah satu hal yang bisa memacu tingginya kadar gula darah adalah pola makan sehari – hari. Pola makan yang salah bisa memacu kadar gula anda. jika sudah demikian, maka memilih makanan untuk gula darah agar tetap stabil adalah sebuah kewajiban.


Untuk penderita diabetes atau seseorang yang memiliki resiko kadar gula darah yang mudah melonjak, makanan menjadi perhatian yang utama. disadari atau tidak, setiap hari kita pasti butuh makanan. Sedangkan, sebagai seorang manusia terkadang kita tidak mempedulikan atau bahkan tidak tahu kandungan apa yang terdapat dalam setiap makanan yang kita santap. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips pola makan yang tepat untuk penderita diabetes atau untuk mencegah naiknya kadar gula darah.

Pertama, pilihlah makanan untuk gula darah tetap stabil atau jenis makanan yang benar dan mengandung karbohidrat kompleks. Ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana berubah menjadi gula darah secara cepat. Hal inilah yang menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat dengan cepat. Sedangkan, karbohidrat kompleks, seperti gandum utuh, atau sayuran berubah menjadi gula darah secara bertahap.

Kedua, perbanyak makanan berserat. Makanan yang mengandung serat sangat mudah dicerna dan juga sangat baik untuk membersihkan sistem tubuh. Anda dapat mengkonsumsi sayuran hijau, buah – buahan, serta kacang – kacangan.

Ketiga, perbanyak makanan mengandung protein. Dalam hal ini anda bisa mengkonsumsi ikan sebanyak dua kali dalam seminggu. Selain memiliki protein, ikan memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang rendah dibandingkan daging unggas. Beberapa jenis ikan juga memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan.
Diberdayakan oleh Blogger.