Asuransi Bagi Masyarakat Desa

Masyarakat desa pada umumnya memiliki sumber daya manusia sedikit di bawah masyarakat perkotaan. Hal tersebut karena di kota semua serba modern dan mudah untuk menemukan berbagai informasi karena sarana dan prasarana yang lancar. Tidak seperti di desa yang masih banyak menggunakan pola pikir yang alami karena kurangnya sarana dan prasarana yang mumpuni. Kepedulian masyarakat desa terhadap asuransi sangatlah minim. Kebanyakan dari mereka tidak mengetahui manfaat yang begitu besar saat masuk asuransi apalagi asuransi rumah yang tergolong masih sangat baru.
Asuransi Bagi Masyarakat Desa

Padahal asuransi rumah di desa sangatlah besar manfaatnya seperti layaknya di perkotaan. Kondisi alam sekarang ini bisa menjadi alasan bagi masyarakat desa untuk lebih mengenal asuransi bahkan mengikuti program tersebut. hal ini dikarenakan banyak kondisi yang tak terduga seperti bencana longsor, gempa bumi dan gunung meletus yang sewaktu-waktu dapat mengancam rumah mereka. Jika tidak ada jaminan seperti asuransi, maka harta mereka yang sebanyak itu bisa saja hilang tanpa ada yang menggantinya. Walaupun pemerintah sekarang ini dapat dengan cepat memberikan berbagai bantuan, tapi bantuan tersebut sangatlah terbatas mengingat betapa banyaknya kebutuhan masyarakat Indonesia lainnya yang sama membutuhkan bantuan.

Pola pikir modern atas besarnya manfaat mengikuti asuransi juga perlu disosialisasikan pada masyarakat desa. Dengan premi yang ringan dan terjangkau, diharapkan dapat menjamin atas semua harta yang masyarakat desa miliki dari berbagai kemungkinan hal tak terduga yang menimpa tanpa mengharap bantuan dari pemerintah. Jika sudah seperti itu, maka masyarakat Indonesia sudah memiliki kedewasaan dan pola pikir yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.