Tips Hemat BBM untuk Mobil Anda

Asuransi mobil yang Anda miliki berguna untuk menjamin Anda secara finansial untuk risiko kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan pada mobil Anda. Cara yang Anda tempuh sudah tepat, tetapi ada hal lain yang tidak kalah penting untuk pemilik kendaraan bermotor, yakni cara untuk menghemat BBM (Bahan Bakar Minyak) yang akan menghemat pengeluaran Anda sehingga memberikan kenyamanan Anda secara finansial.
Tips Hemat BBM untuk Mobil Anda

BBM adalah energi yang tak terbarukan, artinya tidak ada suatu cara apapun untuk menciptakan BBM. Suatu saat, jika tidak ada energi pengganti, BBM akan habis dan semua orang akan mengalami krisis energi di masa depan. Oleh karena itu, menghemat BBM merupakan sebuah cara bijak dalam menyikapi kemungkinan tersebut.

Media massa menyebutkan bahwa kenaikan BBM beberapa waktu lalu yang sebesar 30% mengakibatkan kenaikan harga sekitar 2-10% serta memberikan dampak inflasi sebesar 2,58%. Untuk menghadapi situasi ini, Anda dan siapapun yang memiliki kendaraan bermotor, khususnya mobil, dituntut untuk menghemat BBM karena penghasilan setiap orang tidak lantas mengalami kenaikan.

Berikut ini adalah tips dalam menghemat BBM untuk mobil:
Kurangi beban kendaraan. Beban kendaraan bisa berupa barang-barang apapun yang terdapat di dalam mobil yang akan membebani kinerja mesin yang otomatis menyedot penggunaan BBM secara lebih cepat dan boros.
2. Hindari kemacetan maupun jalanan yang sedang ada pengerjaan perbaikan jalan. Jangan biarkan mobil Anda berdiam dalam waktu yang lama sementara mesin mobil Anda menyala. Mesin mobil Anda sebaiknya dimatikan jika tidak diperlukan, misalnya ketika Anda terjebak di dalam kemacetan atau ketika Anda berhenti di lampu merah dengan durasi yang lama (3 menit).
3. Usahakan kaca mobil selalu dalam keadaan tertutup. agar mobil Anda tidak terbebani dengan tekanan angin yang masuk ke dalam mobil melalui jendela.
4. Pastikan ban mobil Anda tidak kurang angin. Selain memiliki potensi bahaya seperti ban meletus, tergelincir, atau bahkan kecelakaan, Anda bisa lebih irit BBM sekitar tiga persen. Anda bisa menghindari risiko akibat kecelakaan dengan memiliki asuransi mobil. Dengan memiliki polis asuransi, Anda dan kendaraan Anda akan terjamin secara fisik maupun finansial.
5. Atur laju kendaraan Anda dalam batas kecepatan yang wajar. Hindari memacu mobil Anda dalam kecepatan tinggi dan jangan mengerem secara mendadak. Selain membahayakan Anda dan orang lain, perilaku tersebut akan menguras BBM kendaraan Anda.
6. Atur suhu AC Anda dan gunakan seperlunya. AC mobil Anda menuntut pemakaian BBM agar bisa digunakan.

Hemat BBM berarti hemat pengeluaran. Bijaksana dalam bersikap akan memudahkan Anda dalam menjalani kehidupan.
Diberdayakan oleh Blogger.