Gejala Awal Kehamilan Pada Wanita yang Haidnya Tidak Teratur

Setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Ada wanita yang haidnya teratur, namun ada juga yang tidak teratur. Bahkan tidak sedikit wanita yang haid setiap tiga bulan sekali. Tenang saja, wanita dengan haid tidak teratur tetap bisa hamil. Hanya saja lebih sulit mengenali gejala awal kehamilan.

Pasalnya, gejala kehamilan paling mudah dikenali adalah telat haid. Jika haid tidak teratur, Anda mungkin sulit membedakan antara telat haid biasa atau telat haid karena hamil.

Gejala Awal Kehamilan Saat Haid Tidak Teratur

Ada beberapa gejala kehamilan yang bisa membantu Anda menyadari kehamilan meski haid tidak teratur. Langsung saja, berikut di antaranya:

1. Pendarahan Implantasi

Pendarahan implantasi atau implantation bleeding merupakan pendarahan di awal masa kehamilan. Pada umumnya, wanita mengalami pendarahan satu atau dua minggu setelah pembuahan. Namun pendarahan implantasi umumnya berupa flek dan disertai kram perut. 

2. Mual dan Muntah

Mual dan muntah sepertinya menjadi gejala kehamilan yang banyak orang ketahui. Keseimbangan hormon dalam tubuh berubah sehingga menimbulkan rasa mual dan ingin muntah. Biasanya kondisi yang dikenal dengan istilah morning sickness ini terjadi dua minggu setelah pembuahan. 

3. Payudara Sakit dan Areola Menghitam

Konsepsi yaitu pembuahan sel telur oleh sperma menyebabkan level estrogen meningkat. Akibatnya payudara akan terasa nyeri, sakit, dan membengkak. Selain itu, bagian areola biasanya akan menghitam. Anda juga bisa melihat bintik kecil di sekitar areola.

4. Perut Kembung

Hormon progesteron akan meningkat selama kehamilan. Nah, hormon ini ternyata berpengaruh pada kinerja pencernaan yang semakin melambat. Akibatnya perut akan terasa kembung karena gas terjebak di usus. 

5. Sensitif Terhadap Bau

Gejala kehamilan selanjutnya yaitu sensitif terhadap bau. Pada trimester awal, wanita akan lebih mudah mencium bau apapun. Padahal biasanya tidak demikian. Hormon estrogen yang meningkat selama kehamilan menyebabkan wanita lebih sensitif terhadap bau. Bahkan banyak yang tidak mampu mencium bau tertentu.

Itulah gejala awal kehamilan yang perlu Anda ketahui. Setelah menyadari kehamilan, jangan lupa selalu menjaga stamina tubuh. Minum multivitamin untuk ibu hamil yaitu Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. Kandungan asam folat dan 17 nutrisi esensial membantu perkembangan janin. Dapatkan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sekarang juga secara online atau offline. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.