Sebelum Melakukan Pengajuan Kartu Kredit, Ketahui Hal ini Agar Tidak Salah Langkah!

Tidak bisa menjadi suatu hal yang bisa dipungkiri lagi bahwa, belakangan ini para milenial sudah semakin tertarik untuk melakukan pengajuan kartu kredit, sebagai alat transaksi yang lebih modern. 

Secara definisinya, kartu kredit ini sendiri merupakan sebuah alat pembayaran digital yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya, yang memungkinkan pemilik kartu bisa melakukan transaksi secara fisik maupun elektronik. Akan tetapi perlu dicatat, segala bentuk transaksi yang sudah dilakukan harus dibayarkan kembali kepada pihak penerbit, dengan periode waktu yang sudah disepakati bersama. 

Segala Hal yang Mesti Anda Ketahui Tentang Kartu Kredit

Sebelum melakukan pengajuan kartu kredit, ada baiknya Anda mengetahui berbagai hal dibawah ini agar tidak salah kaprah mengenai penggunaan kartunya. 

  • Mekanisme Pembayarannya

Pemegang kartu kredit diberikan opsi untuk membayar saldo tagihan secara menyeluruh pada akhir periode tagihan, atau membayar sebagian terlebih dahulu. Jika pemegang kartu memilih untuk melakukan pembayaran tagihan saldo sebagian, maka akan dikenakan suku bunga yang berlaku atas sisa tagihan yang belum dibayarkan. 

  • Suku Bunga dan Biaya Tambahan

Sejumlah tagihan saldo yang tidak dibayarkan secara penuh pada batas akhir periode, biasanya akan dikenakan suku bunga kartu kredit. Dan perlu Anda ketahui bahwa suku bunga kartu kredit ini, umumnya tergolong lebih tinggi nilainya bila dibandingkan dengan suku bunga pinjaman yang lainnya. 

Selain itu dalam penggunaan kartu kredit ini, pemilik kartunya akan dikenakan juga biaya tambahan lagi berupa biaya tahunan dan juga biaya administrasi penggunaan kartu. 

  • Fitur Keamanan

Kartu kredit sejatinya akan dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup baik seperti penggunaan kode PIN, chip, dan juga fitur verifikasi tambahan One-Time Password (OTP). Dengan dilengkapinya fitur keamanan tersebut, tentunya bisa melindungi pemilik kartu dari segala tindak penyalahgunaan dan kecurangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Untuk itu, jangan pernah sembarangan untuk Anda memberikan berbagai informasi mengenai fitur keamanan tersebut, apalagi kepada kontak yang tidak dikenal. 



  • Keuntungan Tambahan

Dengan memiliki kartu kredit, maka akan ditawarkan berbagai keuntungan yang sangat menarik. Seperti diantaranya berhak mendapatkan cashback, hadiah, akses ke lounge bandara, perlindungan asuransi, dan lain sebagainya. 

Namun perlu Anda ketahui keuntungan yang ditawarkan dari kepemilikan kartu kredit ini, akan berbeda-beda tergantung dari kebijakan yang diberikan oleh pihak penerbit kartu. 

Untuk itu ketahui dulu ragam keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan, ketika sudah memutuskan untuk memiliki kartu kredit dari bank yang dipilih. 

Cara Mengajukan Kartu Kredit

Bagi Anda yang sudah tertarik untuk segera memiliki kartu yang satu ini, maka berikut proses pengajuan kartu kredit yang bisa Anda lakukan. 

  • Menentukan Pihak Penerbit Kartu Kredit

Yang harus Anda lakukan pertama kali sudah jelas, dengan memilih pihak penerbit kartu kreditnya dengan penuh pertimbangan yang matang. 

Pastikan pihak penerbit kartu sudah teruji kredibilitasnya dan juga pelayanannya, seperti salah satunya adalah Bank Sinarmas. 

  • Mempersiapkan Dokumen Persyaratan 

Berbagai dokumen persyaratan untuk bisa memiliki kartu kredit ini biasanya adalah KTP, bukti penghasilan, rekening koran dan lain sebagainya, tergantung dari ketentuan dari bank yang Anda pilih. 

  • Mengisi Formulir Pengajuan 

Selanjutnya, Anda diharuskan mengisi formulir pengajuan kepemilikan kartu kredit, yang biasanya akan diberikan oleh pihak penerbit kartu. 

Setelah formulir terisi, tinggal tunggu konfirmasi diterima atau tidaknya pengajuan kartu kredit Anda, dari pihak yang bersangkutan. 

  • Aktivasi Kartu

Terakhir, tinggal melakukan aktivasi setelah kartu kreditnya Anda ambil di Bank atau sudah dikirim via pos. Ikuti instruksi yang diberikan, lalu kartu kredit pun sudah mulai siap untuk digunakan.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.