Tips Memilih Bahan Mentah untuk Bangunan

Di dalam proses pembuatan konstruksi bangunan, bahan mentah untuk bangunan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Karena yang seperti kita ketahui, bahan atau material adalah bagian yang paling penting karena memiliki fungsi yang sangat vital sekali.

Hal inilah yang tentunya harus disadari oleh setiap orang yang ingin membangun berbagai konstruksi bangunan. Bagi yang ingin membeli bahan-bahan bangunan, berikut ini kami punya beberapa tips bermanfaat yang bisa membantu Anda agar dapat memilih bahan-bahan terbaik.

1.  Memilih Jenis Bata Merah dengan Tekstur Keras

Sampai saat ini, penggunaan bata merah dalam konstruksi bangunan seperti rumah masih tetap digunakan. Untuk yang ingin menggunakan bata merah, pastikan Anda memilih jenis bata yang memiliki tekstur keras.

Batu merah sendiri pada dasarnya memiliki sifat yang bisa menyerap panas secara alami. Selain itu, bata tersebut juga tidak mudah retak. Sedangkan untuk mengetahui kalau bata tersebut berkualitas, silahkan Anda ketuk dengan potongan besi, jika terdengar nyaring maka kualitasnya bagus.

2.  Memilih Jenis Kayu Khusus Konstruksi Bangunan

Masing-masing kayu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jika Anda ingin menggunakan kayu untuk konstruksi bangunan, silahkan Anda pilih tipe kayu yang kuat dan juga kokoh. Kayu sendiri merupakan material yang sangat penting di dalam pembangunan rumah.

Kayu bisa digunakan sebagai kaso, kusen, pintu dan masih banyak lainnya. Jenis kayu yang paling ideal untuk konstruksi bangunan yaitu memiliki kadar air di bawah kisaran 20% saja.

3.  Pilih Batu Berkualitas dan Sesuai Kebutuhan

Sama seperti kayu, pada dasarnya ada beberapa jenis batu yang tersedia untuk membangun konstruksi bangunan. Beberapa jenis batu tersebut di antaranya seperti batu split dan batu pondasi.

Untuk batu split biasanya ada beberapa jenis ukuran. Perbedaan ukurannya agar bisa difungsikan sesuai dengan kebutuhan, baik untuk beton maupun sebagai batu pondasi saat ingin mendirikan bangunan.

4.  Memilih Jenis Pasir yang Bagus

Selain batu, pasir juga merupakan salah satu hal yang juga tak kalah penting untuk Anda perhatikan. Kenali jenis pasir yang bagus agar kualitas konstruksi bangunan Anda sempurna. Disisi lain, untuk mengetahui kualitas pasir yang bagus pada dasarnya tidaklah sulit.

Ciri-ciri pasir yang bagus adalah jenis pasir yang terbebas dari unsur lain seperti tanah, sampah maupun lumpur. Pasir yang bagus tidak boleh terdapat unsur lain agar kualitas konstruksi bangunan menjadi optimal.

Pasir yang mengandung lumpur dan material-material lainnya akan berdampak buruk, seperti pelemahan struktur dan juga pemborosan penggunaan semen pada saat melakukan pengecoran beton.

5.  Memperhatikan Kualitas Semen

Semen juga merupakan salah satu material penting yang juga harus Anda perhatikan. Semen adalah bahan bangunan yang digunakan untuk membuat pondasi seperti plesteran, acian, pemasangan keramik, dan lain-lain.

Semen yang bagus memiliki tekstur yang lembut. Selain itu, butiran semen juga bisa terurai saat dipegang. Pastikan Anda tidak menggunakan atau memilih jenis semen yang terlihat kasar dan juga menggumpal.

Kesimpulan

Memperhatikan kualitas bahan bangunan sangat penting agar Anda bisa mendirikan sebuah konstruksi bangunan yang kokoh dan sempurna. Hal tersebut bisa Anda awali dengan memilih bahan-bahan berkualitas yang bisa Anda percayakan agar pembuatan konstruksi bangunan sesuai harapan.

Untuk Anda yang sedang mencari bahan mentah untuk bangunan, seperti pasir maupun batu, kini Anda bisa memesannya langsung di Gerang Watugunung Niaga. Ada banyak pilihan bahan berkualitas yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.