Cara Mengatasi Ruam Anak Secara Sederhana

Ada beberapa penyebab ruam anak. Salah satu yang paling sering yaitu popok yang dibiarkan basah dan juga kotor terlalu lama. Selain itu, ruam juga biasanya terjadi akibat alergi terhadap bahan popok. Selain itu, juga masih banyak penyebab lainnya.

Ruam pada anak harus segera diatasi sebelum menjadi lebih parah. Nah, berikut akan kami coba paparkan cara-cara mengatasinya.

1.      Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Mengganti Popok

Jagalah tangan Anda dari kuman dan bakteri. Salah satu caranya adalah dengan rajin mencuci tangan sebelum dan juga sesudah Anda mengganti popok si kecil.

2.      Membersihkan Area Kulit yang Ruam

Usahakan untuk selalu rutin membersihkan area yang mengalami ruam. Gunakanlah pembersih ringan untuk membersihkannya agar ruam cepat hilang dan sembuh.

3.      Rutin Memeriksa Popok Bayi

Popok merupakan salah satu penyebab ruam yang paling sering terjadi pada si kecil. Maka dari itu, periksalah popok bayi sesering mungkin. Jangan lupa juga ganti popok sesegera mungkin.

4.      Tepuk Area Ruam

Pada area ruam si kecil, cobalah untuk tepuk-tepuk di area ruam secara lembut. Namun jangan coba menggosok ruam pada kulit si kecil.

5.      Pastikan Area Ruam Bersih dan Kering

Pastikan Anda selalu memperhatikan area ruam pada kulit si kecil. Usahakan agar areanya tetap bersih dan juga kering sebelum menggunakan popok yang baru dan juga segar.

6.      Bebaskan Bayi dari Popok

Jika ruam masih belum sembuh, bebaskanlah si kecil dari popok untuk waktu yang cukup lama. Tujuannya agar ruam tidak semakin parah. Tujuan lainnya yaitu agar pori-pori mudah bernafas.

7.      Gunakan Obat Kulit Khusus

Gunakanlah jenis obat khusus ruam seperti krim, salep, maupun bedak. Tujuannya yaitu untuk menenangkan kulit si kecil yang sakit akibat ruam pada kulitnya. Jika perlu, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter kulit atau spesialis anak agar ruam cepat sembuh.

Demikian informasi seputar cara mengatasi ruam anak secara mudah. Jika ruam tidak sembuh-sembuh, periksalah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan juga terarah. Dengan begitu ruam kulit pada anak akan cepat sembuh karena penanganannya tepat.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.