Tips Mengasuh Agar Kecerdasan Emosional Anak Terlatih

Kecerdasan Emosional


Anak merupakan salah satu harta yang tidak ternilai harganya bagi semua orang tua Oleh karena itu bagaimanapun kondisi anak tentu akan selalu menghadirkan kebahagiaan dan keceriaan ditengah-tengah keluarga Setiap anak pada dasarnya memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda-beda khusus bagi anak yang agresif atau mudah marah biasanya suka muncul ketika anak tersebut berusia 2 tahun yang ditandai dengan kebiasaan yang suka memukul orang-orang yang ada di dekatnya maupun benda-benda yang ada di sekitarnya. 

Sifat tersebut tentunya kurang baik terlebih lagi apabila terbawa ketika anak kita menjelang dewasa. Agar hal tersebut tidak terjadi ada baiknya semua orang tua bisa memilih mereka sehingga memiliki kecerdasan emosional yang baik dan memiliki sifat dan sikap yang lebih tenang.



Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh semua orang tua untuk melatih kecerdasan emosional anak mereka sehingga tidak menjadi seorang anak yang mudah marah dan memukul. Langkah Yang pertama adalah memberikan rasa tenang kepada sang buah hati Apabila anak kita memiliki karakteristik yang agresif dan suka marah ajaklah ia untuk menjauh dan menghindar dari teman-temannya. Anak-anak kita ke tempat yang lebih tenang kemudian diskusi Dengan sang buah hati mengapa ia memiliki karakteristik tersebut dan berikan arahan dan jelaskan bahwa hal tersebut merupakan hal yang tidak boleh dilakukan.

Langkah yang kedua adalah menjadi pendengar yang baik. Tidak sedikit orang tua yang kurang memperhatikan gerak-gerik hingga komunikasi yang diberikan oleh sang buah hati sehingga anak-anaknya merasa diacuhkan oleh orang tuanya. Sebagai pelampiasan mereka biasanya akan menjadi lebih agresif dan marah kepada teman-temannya. Oleh karena itu semua orang tua harus bisa menjadi pendengar yang baik dan menjadi sosok yang nyaman ketika diajak berkomunikasi.

Langkah yang ketiga yang bisa dilakukan oleh orang tua yang ingin melatih kecerdasan emosional buah hatinya adalah mulai membuat komunikasi yang baik dengan anak mereka. Komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting agar segala macam hal bisa berlangsung dengan baik tanpa adanya kekeliruan atau miskomunikasi Selain itu seorang anak akan merasa lebih aman dan nyaman ketika mendapatkan perhatian dari orang tuanya sehingga ia akan memiliki sifat dan karakteristik yang lebih stabil. 

Langkah selanjutnya adalah memberikan contoh yang baik pada anak. Memberikan contoh yang baik kepada sang buah hati melalui perilaku dan Sikap adalah salah satu hal yang sangat tepat jika dibandingkan dengan hanya menunggurui atau menasehati karena buah hati kita lambat laun akan mengikuti apa yang kita Contohkan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.