Profil Marihad Simbolon, Pendiri PT. Parna Raya

PT Parna Raya
Indonesia memiliki nama-nama pengusaha sukses yang menjadi inspirasi banyak orang. Salah satunya adalah Bapak Marihad Simbolon, atau yang akrab dengan panggilan Pak Sim. Beliau adalah pendiri perusahaan PT Parna Raya. Perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan raksasa di Indonesia. Namun siapa sangka, ternyata perusahaan tersebut berawal dari bisnis transportasi kecil yang diawali hanya dari 1 unit truk saja.

Pak Sim adalah seorang pengusaha muda. Beliau mulai terjun ke dalam bisnis pada tahun 70-an. Saat itu beliau bekerja di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Melihat potensi bisnis layanan transportasi di Pelabuhan yang terbilang potensial, beliau kemudian memulai bisnis tersebut dengan hanya menggunakan 1 unit truk saja. Truk tersebut ia gunakan untuk mengangkut barang dari kapal di pelabuhan, dan kemudian berkembang menjadi 125 unit trailer dan tronton pada saat itu.
PT Parna Raya
Setelah bisnis transportasi darat sukses, beliau kemudian menginvestasikan uangnya untuk membeli 3 buah kapal untuk mengangkut semen, pupuk urea, dan berbagai komoditas lainnya secara massal. Dengan demikian, bisnis transportasi PT Parna Raya tidak hanya di darat saja, bahkan sudah merambah ke lautan.

Sukses di bidang usaha layanan transportasi, tidak menjadikannya cepat puas. Beliau pun kemudian mendirikan sebuah perusahaan bernama PT. Kaltim Parna Industri (KPI). KPI adalah anak perusahaan Parna Raya Group yang bergerak dalam industri petrokimia, dengan memproduksi amoniak. Perusahaan ini ia dirikan di Kalimantan Timur, atau lebih tepatnya di Bontang.

Parna Raya Group terus berkembang dengan memperbesar usahanya. Setelah transportasi dan petrokimia, Pak Sim kemudian mulai menambah bisnisnya ke perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang minyak gas-mineral, pipa gas alam, perhotelan, perkebunan kelapa sawit dan perdagangan. Kini, beliau pun memiliki banyak relasi baik dari pasar domestik, hingga internasional, seperti Australia, China, Asia Tenggara dan Asia Pasifik.

Demikian sejarah singkat pendiri PT Parna Raya, Marihad Simbolon, atau Pak Sim. Kisahnya dalam membangun bisnis sangat menginspirasi banyak orang, khususnya para pelaku usaha di tanah air. Di kalangan mitra kerja, beliau juga dikenal sebagai suami yang penuh perhatian, ayah dari empat anak yang di sayang oleh cucu-cucunya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.