Keuntungan Payment Gateway Berlisensi Bank Indonesia

payment gateway berlisensi Bank Indonesia.
Payment Gateway Berlisensi Bank Indonesia
Payment Gateway Berlisensi Bank Indonesia - Dapat kita lihat bahwa sekarang ini bisnis keuangan berkembang dengan begitu pesat, terutama di bidang teknologi finansial (fintech). Payment gateway berkembang di Indonesia sejalan dengan berkembangnya marketplace guna memberikan kemudahan dalam proses jual beli. 

Dengan adanya marketplace, pembeli hanya perlu membuka website atau aplikasi untuk memilih barang tanpa harus berkunjung langsung ke toko. Namun demikian, meski mampu memberikan kemudahan, sistem belanja online di marketplace masih dinilai kurang memperhatikan keamanan dan proses transaksi pembayaran.

Maraknya transaksi belanja online di kalangan masyarakat, membuat Bank Indonesia mengeluarkan peraturan mengenai proses transaksi pembayaran. Dalam Peraturan Nomor 18/40/PBI/2016 ini, setiap perusahaan teknologi finansial (fintech) diwajibkan memiliki izin (lisensi) resmi dari BI guna menjamin keamanan transaksi pembayaran digital. 

Dengan adanya payment gateway berlisensi Bank Indonesia, masyarakat tak perlu lagi merasa khawatir akan keamanan saat melakukan transaksi pembayaran online. Salah satu perusahaan payment gateway yang sudah mendapatkan izin resmi dari BI adalah Faspay. Faspay merupakan perusahaan yang pertama kali mengajukan dan menjadi payment gateway berlisensi Bank Indonesia.

Cara kerja payment gateway berlisensi Bank Indonesia:

1.Pembeli melakukan pembelian produk di website e-commerce
2.Sistem pembayaran e-commerce akan meneruskan ke payment gateway
3.Payment gateway akan memproses transaksi selama 5 detik
4.Penjual dan pembeli akan mendapatkan notifikasi bahwa pembayaran sukses dilakukan

Transaksi pembayaran melalui payment gateway ini dirasa sangat mudah. Akan tetapi, banyak masyarakat yang masih meragukan keamanan dari sistem pembayaran online ini. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda memilih payment gateway berlisensi Bank Indonesia seperti Faspay guna mendukung bisnis online Anda. Faspay telah mendapatkan izin resmi dari BI sejak 1 November 2017.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.