Mengintip Bocoran Spesifikasi Processor Snapdragon 8180 untuk Laptop


Jika Anda yang sudah tidak asing dengan kata Snapdragon, mungkin akan langsung terlintas di benak Anda tentang sebuah smartphone yang dibekali dengan System-on-Chip (SoC) besutan Qualcomm itu. Akan tetapi, Qualcomm baru – baru ini dikabarkan sedang menyiapkan sebuah chip untuk laptop yang rencananya akan diluncurkan pada bulan Desember mendatang. Bocoran tentang spesifikasi chip yang diberi nama Snapdragon 8180 ini telah beredar di internet. Berita tentang perkembangan tekonologi komputer terbaru ini menyebutkan bahwa chip laptop Qualcomm akan diberikan skema nama baru dengan empat angka (seri Snapdragon 1000). Umumnya, chip Snapdragon untuk perangkat mobile menggunakan tiga angka, seperti contohnya Snapdragon seri 800, 600, dan 400. Tambahan satu angka pada seri laptop ini dimaksudkan untuk menegaskan bahwa chip Snapdragon 8180 ini merupakan chip yang dikhususkan untuk laptop.

Snapdragon 8180 ini merupakan processor yang ditujukan untuk memperkuat perangkat yang lebih besar dibandingkan dengan sebuah smartphone maupun tablet, dimensi fisik chip yang satu ini pun disebut akan memiliki ukuran yang lebih besar daripada saudaranya yang telah dikembangkan dan ditanamkan untuk platform smartphone. SoC yang memperkuat kebanyakan smartphone di 2018 ini, misalnya, memiliki permukaan dengan luas 12,4 x 12,4 mm. Sementara itu Snapdragon 8180 untuk laptop kabarnya memiliki ukuran 20 x 15 mm. Kendati demikian, menurut informasi yang beredar dari rumor yang dihimpun media teknologi ternama menjelaskan bahwa Snapdragon 8180 disebut bakal dibuat dengan proses fabrikasi 7nm terbaru dan termungil.

Jeroan dari chip Snapdragon 8180 dikabarkan akan terdiri dari empat inti CPU Cortex-A76 "Gold" 3 GHz, dan memiliki empat buah inti CPU Cortex-A55 "Silver" 1,8 GHz, berikut NPU-130 agar dapat menangani tugas-tugas terkait pengolahan AI. Yang paling menariknya lagi, menurut informasi yang beredar, Snapdragon 8180 akan ditawarkan dengan kemasan socket seperti prosesor-prosesor laptop dan desktop pada umumnya. Jika benar, maka chip Snapdragon 8180 ini kemungkinan besar dapat dilepas-pasang untuk diganti, misalnya ketika pengguna akan melakukan upgrade. Hal tersebut berbanding beda dari SoC mobile yang telah disolder ke motherboard sehingga tidak dapat diganti-ganti. P

Snapdragon 8180 adalah salah satu bentuk perkembangan teknologi komputer terkini yang dikabarkan sejak awal memang sudah mulai dikembangkan untuk perangkat laptop. Namun belum diketahui pasti pabrikan mana saja yang nantinya akan menggunakan Snapdragon 8180. Asus kabarnya akan menjadi salah satu pabrikan pertama lewat produk laptop Primus yang rencananya akan dirilis pada awal 2019 nanti.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.