Parenting Indonesia: Pola Komunikasi Anak Bagi Orang Tuanya Yang Bercerai

Parenting Indonesia

Siapa yang ingin orang tuanya berpisah, semua anak pasti menginginkan keutuhan keluarga yang harmonis, terjalin denga baik memiliki perannya masing-masing, baik ayah maupun ibu. Dalam sebuah keluarga, orang tua adalah guru pertama yang akan mendidik anaknya sebelum mengenal dunia luar dan dunia persekolahan, sehingga dengan pola asuh anak yang baik dari orang tuanya akan menghasilkan anak berkualitas, berpendidikan dan memiliki karakter baik. 

Tapi, bagaimana dengan orang tuanya yang bercerai? Tentu hal ini dapat mempengaruhi psikologis anak dalam jangka panjang, apalagi di usia anak yang masih dini dan masih membutuhkan kasih sayang dari orang tuanya. Parenting Indonesia, perlu Anda ketahui bahwa perceraian itu banyak sekali resiko yang terjadi pada adan ketika menginjak dewasa nanti, dampaknya psikologis anak akan terganggu.

Parenting Indonesia, sebagai orang tua tentunya Anda tidak ingin anaknya menjadi korban broken home, namun kalau hal tersebut sudah terjadi, maka jalinlah pola komunikasi dengan anak agar lebih baik. 
Parenting Indonesia
Meskipun orang tuanya sudah bercerai, berikan pemahaman kepada anak bahwa perceraian kedua orang tuanya bukan smasalah besar atau dapat mengurangi kasih saya terhadap anaknya, tapi inilah yang harus dijalani oleh ayah dan bunda dan kelak kamu akan paham semuanya ketika dewasa nanti. 

Pemahaman tersebut harus bisa menanakan pengertian anak kepada orang tuanya, apalagi di masa usianya yang masih dini tentu belum mengerti apa-apa, dan ini harus bisa menjadi perhatian lebih dai kedua orang tuanya. 

Meskipun sudah berpisah, namun komunikasi tetap terjanga, jangan mempermasalahkan hak asuh anak, sebaiknya asuhlah anak oleh kedua orang tuanya, dan apapun yang terjad bukanlah salah anak tapi salah kedua orang tuanya.

Sebagai pelajaran untuk Parenting Indonesia, perceraian tidak harus menyeret hak anak untuk dikasihi dan disayangi, apalagi dalam masa usianya yang masih dini harus diberi dukungan moral dan karakter bagi si anak. 

Oleh karena itu, dukung pula pertumbuhan anak dengan sikap mental yang baik, pendidikan agama, pendidikan formal, agar kelak menjadi pribadi yang lebih baik. Untuk masa pertumbuhan anak, jangan lupa juga berikan susu Dancow yang sesuai dengan tahapan usianya, sehingga kebutuhan nutrisi bagi anak terpenuhi dengan baik.
Diberdayakan oleh Blogger.