Jadwal Makan Bersama Dancow


Seperti sudah diketahui, tahap perkembangan anak sangat bergantung terhadap asupan nutrisi yang didapatkan setiap harinya. Selain proses tumbuh-kembang yang terjadi bertahap, makanan yang bisa dikonsumsi oleh seorang bayi juga bertahap, baik dalam jumlah maupun konsistensinya. Selain ASI, menu makanan pada bayi yang dapat dikonsumsi pada usia delapan bulan sampai satu tahun ini adalah bubur susu, pisang lumat halus, pepaya lumat halus, air tomat saring dan secara bertahap dapat anda berikan bubur tim lunak yang ditambahkan dengan kuning telur, ayam, ikan dan sumber protein lain sebanyak tiga kali makan setiap harinya.

Di bawah salah satu contoh mengenai jadwal makan bayi sebelum satu tahun antara 6-10 bulan yang sarankan oleh dancow pada tahap perkembangan anak. Ingat untuk mencoba memberikan satu kali makanan dahulu pada awal perkenalan, selipkan di jam makan keluarga. Seiring berjalannya waktu, tingkatkan menjadi 2 kali sehari dan akhirnya 3 kali sehari. Contoh jadwal makannya adalah :

Pagi setelah bangun tidur : ASI
Pk 09.00 : MPASI misalnya bubur susu
Pk 11.00-12.00 : bubur susu atau saring
Pk 15.00 : ASI
Pk 18.00 : MPASI misalnya bubur susu
Pk 20.00 : ASI

Itulah prinsip dasar jadwal makan bayi pada usia 6 sampai 10 bulan. Jadwal tersebut harus selalu rutin dilakukan supaya bayi atau anak terbiasa dan terlatih, begitu juga dengan kondisi di dalam tubuhnya.

Perlu diingat bahwa pemberian bubur bayi yang homemade sangat disarankan dari pada memberikan bubur bayi dari makanan kemasan buatan pabrik. Pemberian makanan kemasan pabrik akan membuat anak lebih sulit makan ketika menginjak usia yang lebih besar karena lidah anak terbiasa dengan rasa makanan instan tersebut. 

Beberapa ahli gizi juga menyarankan agar tidak menambahkan bumbu seperti gula atau garam yang terlalu banyak karena dapat membuat anak craving makanan seperti ini di kemudian hari. Tahap perkembangan anak memang harus selalu diperhatikan baik itu perkembangan motoriknya ataupun asupan gizi yang diberikan.
Diberdayakan oleh Blogger.