Tahapan Tumbuh Kembang Anak Pada Masa Batita



Anak merupakan mahluk yang paling lucu. Anak akan menunjukkan perkembangan dalam masa pertumbuhannya. Tumbuh kembang anak adalah hal yang sangat menarik untuk diamati. Setiap orang tua pasti akan mengamati tumbuh kembang buah hati kesayangannya. Tumbuh kembang seorang anak memiliki beberapa tahapan dan tahapan tersebut berkembang berdasarkan usia anak.

Usia satu hingga tiga tahun adalah masa perkembangan anak yang paling pesat dari sisi kecerdasannya, sehingga pada masa ni biasanya disebut masa golden age karena pada masa inilah anak sangat aktif mengngeksplorasi diri dan lingkungannya. Berikut adalah perkembangan anak pada usia satu hingga tiga tahun :

  • 13-18 bulan : pada rentang usia ini anak mulai mengucapkan beberapa suku kata dengan jelas dan pada akhir bulam ke delapan belas ia akan mulai merangkai kata menjadi sebuah kalimat walaupun belum sempurna, pada masa ini uga anak mulai belajar bersosialisasi dan berbagi ditunjukkan denganmemberikan mainan atau barang yang dipegangny kepada orang lain ketika dipinta, berjalan dengan dituntung oleh satu tangan dan pada akhir bulan ke delapan belas dapat berjalan sendiri tanpa dituntun, respon motorik halus pada tangan pun mulai berkembang dengan ditndai dapat mengambil benda yang berukuran kecil dengan jaritelunjuk dan jempolnya.
  • 18-36 bulan : pada rentang usia ini anak sudah mantap berjalan bahkan dapat berlari bahkan usia 24 bulan sudah dapat menendang bola walaupun belu fokus dan kekuatannya belum sempurna. Pada usia ini pula anak sudah dapat berkomunikasi denangan kalimat yang lengkap dan jelas, pada masa ini juga anak mulai belajar toilet training, sehingga mulai dilatih untuk berkomunikasi jika ingin buang air kecil dan buang air besar sehingga anak dapat lepas dri penggunakan popok. Pada masa ini juga anak mulai suka mengeksplor diri dan lingkungnnya sehingga perlu pengawasan ekstra.
Tumbuh kembang anak pada masa ini sangat pesat, anak dapat diajari berbagai keterampilan misalkan minum dengan menggunakan gelas sendiri, meakan sendiri, namun jangan heran juga jika anada tiba – tiba menemui anak anda berada di atas meja ataupun memanjat jendela karena memang anak sedang mengeksplorasi.
Diberdayakan oleh Blogger.