Sejarah Jaringan Data Dari Generasi Pertama Sampai Keempat

Jaringan 4G adalah jaringan yang ada atau jaringan pelengkap dari jaringan data 3G. Jaringan data 4G merupakan jaringan data generasi keempat yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dibandingkan kecepatan 3G. Khusus di negara Indonesia sendiri, jaringan data 4G belum bisa dinikmati oleh seluruh wilayah yang ada di Indonesia karena masih banyak yang memberikan dukungan terhadap 3G. Oleh karena itu pertumbuhan jaringan data 4G di Indonesia sangat lambat sekali. Kita sebagai peengguna internet harus mengetahui sejarah penciptaan jaringan data mulai dari generasi pertama sampai generasi keempat yaitu generasi 4G internet cepat.

Jaringan pertama yaitu jaringan data 1G yang memberikan kecepatan hanya 14,4 kbps. Jaringan data ini sangat lambat sekali. Kemudian untuk menyempurnakannya maka hadir jaringan data generasi kedua yaitu jaringan data 2G, yaitu jaringan data yang mendukung TDMA dan CDMA yang mempunyai kecepatan 9-14 kbps. Selain ada jaringan data 2G, generasi kedua juga mempunyai jaringan data 2.5G yang mendukung jaringan data GPRS dan EDGE yang mempunyai kecepatan 20-40 kbps. 2.5G ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia dibandingkan jaringan data sebelumnya yang mempunyai jaringan data yang lambat. 

Setelah muncul generasi pertama dan kedua, kemudian munculah generasi ketiga yang melengkapi generasi pertama dan kedua yaitu 3G yang diperuntukan jaringan CDMA,EV-DO, UMTS, dan EDGE. Dengan lahirnya generasin ketiga ini tentu mempunyai kecepatan yang lebih baik dibandingkan kecepatan generasi sebelumnya yaitu 500-700 kbps. Kecepatan ini sangat luar biasa sekali perkembangannya. Tetapi manusia selalu tidak puas terhadap apa yang telah didapatkan kkarena setelah lahirnya 3G kemudian ada lagi jaringan data 3.5G dengan jaringan HSDPA yang tentu kecepatannya diatas 3G yaitu 7,2 Mbps. 

Setelah adanya generasi pertama sampai ketiga yang bisa memanjakan para pengguna internet, sekarang telah hadir generasi 4g internet cepat yaitu generasi keempat yang sangat canggih dan pelengkap generasi pertama sampai ketiga. Kecepatan generasi keempat ini mencapai 185 Mbps. Tentu jaringan data paling cepat yang ada di Indonesia yang dapat memanjakan para pengguna internet.
Diberdayakan oleh Blogger.