Peluang Cerah Menjadi Mahasiswa di Fakultas Pertanian


Indonesia adalah negara agraris, semua orang juga sudah mengetahuinya. Namun ironisnya, untuk sebuah negara yang sangat bergantung pada pertanian, tidak banyak yang menjadi petani dan lahan pun semakin sempit. Padahal, masa depan mereka yang masuk ke pertanian ini cukup terjamin, apalagi kalau Anda berhasil masuk menjadi anggota Fakultas Pertanian IPB (Institut Pertanian Bogor).

Di Institut Pertanian Bogor ini sendiri, ada banyak hal untuk dipelajari. Ada beberapa departemen yang ada di dalam fakultas ini, sehingga Anda mempunyai beberapa pilihan, seperti :
1. Ilmu Tanah Dan Sumberdaya Lahan
Mempelajari tanah untuk pertanian, analisis tanaman, tanah air, dan pupuk, pengelolaan dan konservasi tanah, rehabilitasi lahan yang kritis, pemanfaatan biota tanah dan lain-lain.

2. Agronomi Dan Hortikultura
Mempelajari interaksi antara tanaman serta lingkungan, pengaruhnya pada proses pertumbuhan tanaman, penerapan teknologi untuk budidaya, teknik pembibitan tanaman, pembesaran tanaman, bagaimana memperbanyak tanaman dan lain-lain.

3. Proteksi Tanaman
Mempelajari bagaimana mengidentifikasi masalah tentang hama serta penyakit tanaman, dan cara penanganannya, serta mampu mengelola tanaman yang sehat.

4. Arsitektur Lanskap
Mempelajari analisa dan penanganan masalah dalam bermacam-macam elemen serta ruang yang membentuk taman dan lanskap, merencanakan, mendesain, dan memanajemen taman serta lanskap, kreatif dan profesional untuk segala pekerjaan tentang lanskap.

Setelah Anda lulus nantinya, cukup banyak bidang pekerjaan yang juga akan menanti Anda. Berikut ini adalah beberapa di antaranya :
  • Menjadi wiraswasta sebagai petani, mengembangkan agrowisata dan agrobisnis.
  • Bekerja di perkebunan, perusahaan yang menyediakan pupuk, benih, dan obat-obatan.
  • Untuk Ilmu Tanah, juga bisa bekerja di perusahaan Hutan Tanaman Industri, dan tempat-tempat yang membutuhkan keahlian Anda di Sistem Informasi Geografis.
  • Menjadi konsultan lanskap yang merencanakan taman, perumahan, sampai kota, bekerja di pengembang pemukiman, jadi supplier.



Masih banyak lagi lapangan kerja yang akan terbuka lebar bagi Anda setelah Anda lulus dari salah satu departemen di Fakultas Pertanian IPB (Institut Pertanian Bogor) di atas. Semua departemen merupakan departemen yang menarik dari sisi ilmu, dan menawarkan kompetensi tinggi, dan juga prospek karir yang cerah bagi mahasiswa di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.