Manfaat Olahraga Skipping bagi Otot di Tubuh

Skipping atau lompat tali adalah salah satu bentuk olahraga yang mudah dilakukan, murah, dan sangat efektif. Manfaat olahraga skipping sendiri sangat banyak, lantaran olahraga ini merupakan latihan kardio yang mempengaruhi detak jantung, mampu menguatkan tulang, dan juga memperkuat otot. Bagi Anda yang sedang berdiet, olahraga inilah yang paling cocok untuk membakar lemak.


 
Manfaat melakukan olahraga skipping terutama dirasakan oleh otot-otot tubuh yang digunakan dalam pelaksanaannya, karena olahraga ini merupakan satu dari sedikit aktivitas fisik yang melibatkan hampir seluruh tubuh. Otot-otot yang dipengaruhi olahraga ini adalah:

•    Otot tubuh bagian bawah
- Seperti yang mungkin sudah Anda perkirakan sebelumnya, olahraga lompat tali ini menggunakan hampir semua bagian otot kaki. 
- Dari otot betis, lutut, hingga sendi-sendi di kaki, semua itu bergerak dalam proses melompat dan pendaratan ketika lompat tali.

•    Otot tubuh bagian atas
- Otot di bagian bahu dan lengan terutama, bergerak dengan cepat untuk menggerakkan tali, didukung oleh pergelangan dan tangan.
- Ketika melompat, otot punggung dan dada juga ikut terlibat, apalagi kalau Anda melakukan skipping dalam variasi berbeda.
- Otot jantung juga mendapatkan latihan yang cukup intensif.

Ternyata, olahraga lompat tali mampu melibatkan begitu banyak bagian tubuh yang penting, dan merupakan olahraga pembakar lemak dan pembentuk otot yang efektif. Karena itulah, lompat tali sangat berguna jika dilakukan oleh:

•    Petinju, yang membutuhkan tubuh bagian atas yang kuat, dari dada sampai lengan.
•    Pemain voli dan baseball, serta olahragawan lain yang harus sering menggunakan bahu mereka.
•    Pemain tenis dan badminton, yang memerlukan bahu dan tangan yang kuat.
•    Atlet yang cedera, karena olahraga ini memperkuat otot dan ligamen.

Itulah manfaat olahraga skipping bagi tubuh, yang mampu memperkuat otot di badan, baik atas maupun bawah. Tidaklah mengherankan jika lompat tali selalu dimasukkan dalam program workout para atlet. Bagaimana dengan Anda sendiri? Sudahkah Anda melakukannya? Untuk Anda yang tak punya banyak waktu, namun ingin membakar lemak tubuh dengan efektif, inilah olahraga paling tepat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.