Cara Pencegahan Rasa Lapar yang Berlebihan yang Mengganggu Aktivitas

Keinginan dan nafsu makan yang tinggi akan menyebabkan seseorang mengalami hal dengan kondisi badan yang gemuk sehingga rentan terhadap serangan berbagai penyakit, cara mengatasi lapar yang demikian ini perlu ditangani secara serius agar tidak terjadi dengan yang namanya masalah kesehatan anda sehingga anda tetap sehat alami tanpa ada sesuatu hal yang dapat mengganggu tubuh anda dan kegiatan anda sehari-hari dapat berjalan dengan maksimal.

Cara Pencegahan Rasa Lapar yang Berlebihan yang Mengganggu Aktivitas

Beberapa cara mengatasi lapar dibawah ini akan jadi solusi bagi anda yang ingin menghentikan cara makan anda yang berlebihan agar kesehatan anda tetapa prima dan bugar :
1.  Rasa lapar sebenarnya dikendalikan oleh otak, maka yang harus anda lakukan untuk    mengendalikan hal tersebut, anda cukup memperhatikan tekstur makanan dan juga warna. Melakukan hal ini, anda akan merasa lebih kenyang sehingga tidak akan makan berlebihan.
2.   Ada baiknya, sebelum makan besar, anda mengkonsumsi satu buah apel atau jeruk. Serat yang terdapat dalam buah akan mengganjal perut anda agar tidak makan berlebihan. Manis dari buah juga mampu mengendalikan nafsu makan.
3.  Makanlah dengan mangkok yang kecil, agar porsi makan anda terlihat penuh dalam mangkok. Gunakan sendok dan garpu atau pisau yang berukuran kecil agar dapat memperlambat cara makan anda. Makan dengan sumpit juga lebih baik untuk memperlambat makan.
4.  Perut bukanlah tong sampah, maka alangkah baiknya jika pada saat makan, agar  memakan yang lebih enak terlebih dahulu untuk mengendalikan rasa lapar.
5.   Jika dalam piring terdapat daging, maka makanlah daging terlebih dahulu agar mengunyah   lebih lama sehingga anda cepat puas dalam makan.
6.   Ketika makan, usahakan dikunyah hingga halus karena rasa lapar akan terpuaskan ketika anda mengunyah dalam waktu lama. Jangan menelan makanan terburu-buru karena perut bukanlah indera pengecap.
7.   Pada saat makan, mengingat berapa suapan anda memasukkan ke dalam mulut ini sangat baik bagi pencernaan. Hal ini untuk mengingat dan membatasi jumlah kalori yang disantap dari pagi hingga rentang waktu tidur.
8.   Meskipun makanan masih banyak, namun jika anda sudah kenyang, ada baiknya berhenti makan. Ini artinya porsi makan anda adalah yang sudah dihabiskan. Maka pada hari berikutnya, makanlah dengan ukuran tersebut agar tidak bersisa dan terbuang percuma.
9.  Jika anda masih ingin mengudap camilan ringan, kacang tanah sangrai atau rebus bisa menjadi pilihan terbaik. Kacang akan memberikan rasa haus, sehingga anda akan banyak minum air putih yang memberikan rasa kenyang. Ini artinya, anda tak harus menghabiskan sekantong kacang kulit sebagai cemilan.
10. Jika disela-sela makan anda lapar, minumlah segelas air putih. Banyak orang makan setelah merasa lapar, padahal baru saja makan. Hal inilah yang salah, karena rasa seperti lapar bisa mengindikasikan tubuh membutuhkan cairan sehingga anda harus minum.
Rasa lapar merupakan pikiran yang ada dalam diri anda. Maka anda pun bisa mengendalikan hal tersebut dengan pikiran sehingga tidak makan berlebihan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.