Alasan Pentingnya Cek Darah Bagi Kesehatan

cek darah

Hingga saat ini masih banyak yang menganggap bahwa fungsi dari cek darah bukan hanya sekedar untuk mengetahui golongan darah saja. karena hanya dilakukan satu kali, bahkan umumnya dilaksanakan untuk melengkapi keperluan pengurusan kartu identitas. Padahal tes darah secara reguler tidak kalah penting dan harus dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan tubuh. Apakah anda sudah pernah melakukan tes darah reguler?

Jadi dapat disimpulkan bahwa periksa darah bukanlah sekedar menguji kolesterol, diabetes maupun asam urat. Pasalnya masih ada penyakit-penyakit tertentu yang pada awalnya tidak menunjukkan gejala, namun dapat terdeteksi melalui pengujian atau pengetesan darah. Beberapa alasan pentingnya melakukan tes darah antara lain:

  1. Mengetahui jumlah total darah.
  2. Mendeteksi adanya kemungkinan infeksi seperti hepatitis atau sifilis.
  3. Mendeteksi penyakit HIV.
  4. Mengetahui kadar gula darah.
  5. Mengantisipasi kemungkinan terjadinya kelenjar gondok.
  6. Mendeteksi secara dini kemungkinan adanya kanker.


Seperti yang sudah anda ketahui, beberapa penyakit yang disebutkan diatas masuk ke dalam golongan penyakit berbahaya dan mematikan. Oleh karena itu, untuk mendeteksi serta menanganinya sejak dini anda perlu melakukan cek darah. Pasalnya kondisi serangan atau ancaman penyakit-penyakit seperti diabetes, HIV dan beberapa kanker tidak menunjukkan adanya gejala awal. Bahkan sebagian besar penderitanya justru baru mendapatkan penanganan atau pengobatan ketika penyakit yang dideritanya sudah memasuki fase kronis.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.