Resep Kue Kukus Lumpang Hijau Palembang


Apakah Anda pernah mencicipi kelezatan dari kue lumpang? Jika belum pernah, Anda bisa datang secara langsung ke Palembang, di sana ada begitu banyak toko roti atau pun warung makan yang memberikan menu camilan kue yang super lezat ini. kue lumpang berasal dari Palembang, kue ini sering dinikmati bersama dengan secangkir susu atau kopi. Kue lumpang berbeda dengan kue kukus yang lainnya, perbedaan ini mulai dari pembuatan hingga rasa yang ditawarkan oleh kue ini. kue ini biasanya memiliki rasa yang manis dan nikmat, penasaran seperti apa resep kue kukus yang satu ini?

Jika kita membicarakan mengenai camilan tradisional yang berda di Indonesia, kita akan menemukan begitu banyak jenis camilan dengan nama yang unik, ada yang memiliki nama berasal dari bahannya, bentuk, hingga orang yang membuat kue tersebut untuk pertama kali. Salah satu kue yang mempunyai nama unik tersebut ialah kue lumpang. Taukah Anda, dari mana pengambilan nama lumpang ini? lumpang menurut warga Palembang di dasarkan pada bentuk kue ini. Kue basah ini memiliki bentuk lumpang atau yang lebih akrab disebut dengan lesung. Lesung merupakan bejana yang sering digunakan oleh orang jaman dulu untuk menumbuh kopi, padi dan bahan yang lain. 

Bila hanya dilihat secara sekilas, penampilan dari kue ini memang kurang menarik, karena memiliki bentuk bulat dengan cekungan yang berada di tengahnya, selain itu ia juga terlihat mengkilap. Tetapi, jangan salah dengan rasa yang diberikan oleh kue ini, Anda secara terus menerus pasti akan ketagihan, hanya dalam gigitan pertama. Kue lumpang sering dibuat menggunakan 3 macam warna berbeda yakni dengan warna putih, hijau, hingga coklat. Kue lumpang yang memiliki warna putih seringnya hanya menggunakan gula pasir, sedangkan untuk kue yang memiliki warna coklat menggunakan gula jawa dan yang berwarna hijau menggunakan daun pandan. Awal kemunculan dari kue ini menurut catatan sejarah sudah ada dari tahun 80 an yang lalu. Kue ini pertama kali dijual oleh pedagang dengan cara berkeliling kompleks. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut cara membuat kue kukus.

Bahan Resep Kue Kukus Lumpang Hijau

  • Gula pasir 200 gram.
  • Santan kental 300 ml.
  • Pasta pandan 1 sdt.
  • Tepung beras 150 gram.
  • Tepung kanji 2 sdm.
  • Garam halus ¼ sdt.
  • Blueband.
  • Kelapa parut untuk taburan.

Cara Membuat Resep Kue Kukus Lumpang Hijau

  1. Siapkan wadah untuk mencampur adonan, campurkan tepung beras, gula pasir, tepung kanji, Blueband, garam halus kedalam wadah sehingga tercampur dengan merata,
  2. Masukkan santan kelapa sedikit demi sedikit, sembari memasukkan santan kelapa, uleni adonan hingga kalis, anad dapat menggunakan bantuan mixer sehingga semakin praktis, pastikan santan telah tercampur rata bersama dengan tepung,
  3. Tambahkan pasta pandan dalam adonan, aduk kembali hingga tercampur dengan rata,
  4. Sembari mendiamkannya, siapkan cetakan kue lumpang dan olesi menggunakan Blueband agar tidak lengket,
  5. Siapakan kukusan dan kukus adonan yang sudah berada di dalam cetakan selama 30 menit,
  6. Kue lumpang pun siap disajikan menjadi camilan.
Resep kue kukus ini begitu mudah diikuti. Tetapi jangan salah, banyak orang yang gagal dalam mengikuti resep ini. Biasanya, kegagalan disebabkan oleh adonan. Adonan yang kurang tepat dan tidak sesuai takaran akan menyebabkan kue menjadi kurang kenyal dan berubah menjadi bantat, bahkan kue mudah hancur, selain itu perhatikan komposisi bahan. Pilih Blueband sebagai bahan yang pas untuk adonan kue.
Diberdayakan oleh Blogger.