Mengembalikan Siklus Haid yang Tidak Teratur

haid tidak teratur
Pada Setiap perempuan rata-rata memiliki siklus haid atau menstruasi yang berbeda. Beberapa diantaranya memiliki siklus haid yang teratur yakni per 28 hari, yang tergantung dengan kondisi fisik, kesehatan dan juga psikis.

Sementara yang lainnya tidak begitu. Nah, jika anda salah satu perempuan yang selalu mengalami siklus haid tidak teratur, maka kemungkinan akan sulit pula bagi anda dan pasangan untuk memiliki keturunan. Pasalnya, haid yang tidak teratur bisa saja menandakan bahwa anda memiliki hormon yang tidak stabil.


Siklus haid tidak teratur memang wajar bagi remaja, namun tidak bagi anda yang sudah berusia matang dan sedang jalani program kehamilan. Jika lama menstruasi mu lebih dari 31-35 hari atau jangka waktu kurang dari dua minggu antara periode haid pertama dengan periode haid kedua, ada kemungkinan darah yang keluar bukanlah darah menstruasi. Selain itu, jika anda tidak mengalami haid selama tiga bulan, maka bisa jadi anda mengalami amenorrhea, perimenopause atau menopause.
haid tidak teratur
Hal tersebut bisa terjadi akibat jenis penyakit, bahkan stres yang berlebihan, olahraga yang terlalu berat, atau turunnya berat badan terlalu drastis. Maka dari itu, penting bagi anda untuk tetap terus menjaga siklus haid agar selalu teratur setiap bulannya. Wajib hukumnya untuk waspada dan mengobati penyakit yang mendasari siklus haid tidak teratur. Jika siklus haid mu tidak teratur secara berkepanjangan, jangan ragu untuk segera mengecek nya ke dokter.


Nantinya dokter akan menjalankan tes darah untuk memeriksa kadar hormon dan fungsi tiroid untuk memastikan apakah anda memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau kah terdapat gangguan pada kelenjar tiroid. Wanita dengan PCOS dapat tersebut bisa menggunakan pil KB atau jenis hormon lain untuk memicu haid agar lebih teratur. Jika anda berencana hamil, obat infertilitas juga mungkin akan di resep kan oleh dokter. Berbeda dengan PCOS, jika anda diketahui mengalami hipotiroidisme maka anda dapat diobati dengan suplementasi hormon tiroid.


Beda lagi jika penyebab yang ditemukan berasal dari struktur organ reproduksi atau jika manajemen medis terbukti tidak efektif, maka langkah berikut dapat dipertimbangkan, Operasi pengangkatan polip atau fibroid Rahim, Embolisasi arteri uterus, suatu prosedur untuk memblokir aliran darah ke Rahim,Endometrium ablasi, prosedur untuk membakar pembuluh darah di lapisan endometrium Rahim, nah itulah dia cara mengembalikan haid tidak teratur yang bisa kamu coba, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.